Rabu, 26 Oktober 2011

Purnama Planet Jupiter

Purnama Planet Jupiter

Akan terjadi purnama planet terbesar di tata surya kita yang akan bisa di saksikan langsung oleh warga indonesia yang akan terjadi pada hari jumat tanggal 28 oktober 2011.

Purnama ini akan terjadi sepanjang malam ,planet jupiter akan terang benderang hingga mencapai magnitude kurang lebih -2,8 sehingga masyarakat indonesia mampu melihat purnama tersebut walaupun tingginya tingkat polusi cahaya di Indonesia, hal ini di jelaskan langsung oleh Hakim L malasan, kepala obsevatorium boscha ,Institute Tekhnologi Bandung.

Hakim Menjalaskan, purnama ini dengan istilah oposisi dimana jupitter berada pada titik terdekat dengan Bumi. jarak jupiter dengan Bumi saat ini  adalah 627 juta Km atau bisa di simpulkan jarak ini terdekat dari jarak terjauh antara jupiter dengan bumi yang berselisih 300km dengan jarak jupiter saat ini.

pada saat oposisi terjadi Matahari-Bumi -Jupiter berada pada satu garis tegak lurus seperti layaknya terjadi bulan purnama , pada saat oposisi terjadi jupiter akan terlihat bulat penuh yang membuat jupiter tampak lebih terang dari selayakanya  magnitude jupiter menunjukan kecerahan dari planet itu sendiri jika di lihat langsung dari bumi.

Tanda Minus pada pencatatan Jupiter yakni  -2,8 membuat planet itu bersinar layaknya matahari jika di lihat dari bumi kita ini,hal ini membuat purnama jupiter dapat terlihat dengan mata telanjang . jupiter akan terlihat di rasi Taurus, tapi pada dasarnya jupiter akan tampak dari timur seperti layaknya matahari.

Oposisi jupiter  pada dasarnya merupakan kejadian yang lumrah pada setiap tahunya ,namun posisi ini tergolong istimewa karena sangat berbeda dari 11 tahun terakhir.

Tahun ini juga oposisi terjadi saat Jupiter mencapai perihelion, jadi lebih terang lagi," tambah Hakim.
Perihelion adalah jarak terdekat antara Jupiter dan Matahari. Semakin dekat ke Matahari, semakin banyak sinar yang diterima sehingga bisa lebih terang. Oposisi seperti tahun ini mungkin takkan terjadi lagi dalam waktu dekat. Perihelion Jupiter setelah tahun ini baru akan terjadi tahun 2022. Kemungkinan, baru pada tahun tersebutlah oposisi Jupiter sebaik tahun ini terjadi. Jadi, momen ini seharusnya tak dilewatkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar